Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

by - 10:24 PM

 
Banyak tertawa dapat membuat awet muda, hai ini ada benarnya karena tertawa dapat membuat orang lebih sehat. Tertawa adalah respon alamiah dari sesuatu yang menyenangkan. Tertawa memberi efek positif bagi kesehatan tidak hanya dari aspek kejiwaan tetapi juga dari aspek fisik. Beberapa studi menunjukkan bahwa tertawa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa manfaat tertawa bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat ketawa bagi kesehatan.
 
Membuat Bahagia
Tertawa adalah respon dari sesuatu yang menyenangkan oleh karena itu tertawa dapat membuat orang bahagia. Tertawa meningkatkan pelepasan hormon endorphin yang memberikan rasa bahagia. Rasa bahagia mengurangi resiko stress yang dapat mendorong seseorang merokok, minum alkohol, menggunakan narkoba, hilang selera makan, dsb.

Mengurangi Stress
Tertawa dapat membuat orang bahagia sehingga dapat mengurangi stress. Orang yang stress disarankan untuk mencari hiburan secara positif, salah satunya adalah dengan mencari hiburan yang membuat tertawa. Tertawa dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi gejala stress. Ketawa juga membantu mengurangi jumlah cortisol dan adrenalin dalam tubuh, yang keduanya dikenal sebagai hormon stress.

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Salah satu upaya meningkatkan kualitas kesehatan adalah dengan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh terhadap gangguan kesehatan. Sering tertawa juga baik bagi sistem kekebalan tubuh karena tertawa dapat meningkatkan produksi sel-T, yang berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit.

Menstimulasi Organ
Sering tertawa baik bagi beberapa organ dan otot tubuh tertentu karena tertawa dapat menstimulasi organ-organ tersebut. Tertawa dapat menstimulasi jantung, diafragma, paru-paru, dan otot perut. Stimulasi ini dapat  meningkatkan fungsi organ dan otot.

Senam Muka
Banyak orang melakukan senam muka untuk mempertahankan kulit dan otot muka yang sehat dan kencang. Ketawa adalah salah satu cara alami untuk melakukan senam muka.

Meningkatkan Fungsi Otak

Sering tertawa juga baik bagi otak. Otak kiri dan otak kanan akan terstimulasi saat kita sedang tertawa. Stimulasi otak bermanfaat mengurangi stress, meredakan ketegangan otot, dan meningkatkan fungsi otak.

Meningkatkan Mood
Mood yang buruk dapat menurunkan kekuatan mental dalam berkonsentrasi, memberikan penilaian, dan mengendalikan emosi. Tertawa dapat memperbaiki mood seseorang yang sedang buruk. Tertawa membuat orang lebih rileks sehingga meningkatkan kekuatan mental.

You May Also Like

0 komentar