Contoh Laporan Asesmen

by - 9:15 PM

LAPORAN PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
1.      IDENTITAS SUBJEK/KLIEN
A.    Klien
a.       Nama                              : P NM
b.      Nama pangilan                : P
c.       Tempat/tanggal.lahir       :
d.      Pendidikan                     : Mahasiswa
e.       Pekerjaan                        :  -
f.       Alamat                            :
g.      Tanggal pemeriksaan      : 30 mei 2015

B.     Orang tua (Ayah)
a.       Nama                            :
b.      Nama pangilan              :
c.       Tempat/tanggal.lahir     :
d.      Pendidikan                   :
e.       Pekerjaan                      :
f.       Alamat                          :
g.      Tanggal pemeriksaan    :  30 mei 2015

Orang tua (Ibu)
a.       Nama                            :
b.      Nama pangilan              :
c.       Tempat/tanggal.lahir     :
d.      Pendidikan                   :
e.       Pekerjaan                      :
f.       Alamat                          :
g.       Tanggal pemeriksaan   :

2.      TUJUAN PEMERIKSAAN
a.      Tujuan pemeriksaan            
 Untuk mengetahui apakah klien pernah mengalami permasalahan yang di alami sejak kecil hingga dewasa.

b.      Alasan/tujuan perujukan    
 Karena klien kadang terlihat sangat aktif tapi kadang sangat pendiam. Alasan pertama saya ingin menjadikan dia sebagai klien saya karena klien pernah  mengalami apa yang saya alami yaitu kami sama-sama pernah di buli oleh teman-teman kami sendiri.

3.      INFORMASI KHUSUS  yang berkaitan/relevan dengan tujuan pemeriksaan

a.       Riwayat perkembangan                             
Klien adalah anak kedua dari 4 bersaudara. Klien adalah anak perempuan yang tomboy. Sejak kecil klien mengatakan ia diperlakukan sangat baik oleh keluarganya, ia sangat di perhatikan oleh kedua orang tuanya. Keadaan ekonomi klien sangat stabil dalam artian klien merasa kalau keadaan ekonomi keluarganya dari ia kecil sangat sederhana. Ia pernah bercerita bahwa ayahnya seorang pendeta yang selalu berpidah tugas. Dan karena alasan pekerjaan ayahnya yang selalu di pindah tugas ke beberapa daerah, kata klien mereka pernah di tempatkan pada sebuah rumah yang katanya sebenarnya tidak layak tinggal.



b.      Latar belakang pendidikan 
Klien masuk dalam dunia pendidikan dari umur 6 ½ tahun.12 ½ masuk SMP. 15 ½ masuk SMA. Ketika mau masuk perkuliahan ia terpaksa istirahat setahun untuk operasi.
                       
c.       Riwayat pekerjaan/pengalaman kerja       
            Klien mengatakan bahwa ia belum pernah bekerja. Jadi ia belum bisa memberitahukan pengalaman kerjanya.         

d.      Riwayat kesehatan                                       
Pernah sakit dari kecil. Klien mengatakan ia pernah Terkena tumor dibagian leher, dan baru berhasil di angkat tumornya itu ketika tamat SMA kira-kira ia baru di operasi pada tahun lalu.

e.       Latar belakang keluarga     
Ayah klien lulusan S2 pendeta, ibunya lulusan SMA, abangnya lulusan SMK, klien sudah kuliah, adik klien SMP dan SD. Klien mengatakan bahwa latar belakang keluarganya adalah keluarga yang romantis, tentram,aman dan damai serta keluarga klien adalah keluarga yang harmonis. memiliki sifat keras,tapi ada batasnya. Keluarga klien memiliki peraturan yang sangat keras yaitu tidak boleh pulang terlambat ke rumah, apalagi jika tidak mengatakan izin pada orang tua klien.
Klien mengatakan bahwa ia sangat dekat dengan keluarga ibu dibanding ayah. Sebab kata klien keluarga dari ayah tinggal jauh dari keluarganya.

4.      HASIL PENGAMATAN/OBSERVASI

a.      Penampilan fisik                                           
Klien adalah anak yang bisa di katakan tomboy. Tidak terlalu memperhatikan penampilan. Kadang mau berpenampilan cantik di depan banyak orang tetapi kadang ingin berpenampilan biasa saja

b.      Pola perilaku secara umum                         
Suka bergaul dengan siapa saja. Sangat percaya diri dalam segala hal. Lebih suka bercanda tawa ria dengan teman-teman dibanding hanya duduk sendiri ataupun sibuk dengan Hpnya sendiri. Tetapi terkadang ia akan sangat pendiam ketika banyak orang yang membicarakannya dari belakang. Klien ini sangat tertutup soal masalah yang ia hadapi. Klien hanya akan menceritakan kisah-kisah sedihnya kepada teman-teman dekatnya termasuk saya. Adapun kalau saya merayu klien agar ia dapat menceritakan masalahnya dengan saya.


c.       Pola reaksi(kemampuan komunikasi verbal maupun non-vervbalnya)                         
Kemampuan komunikasinya bisa verbal dan non verbal sebab kalau sifat kerasnya keluar ia biasa langsung mengunakan loe,gue dan bahasa-bahasa non verbal lainnya. Dapat di mengerti karena orang-orang medan memiliki watak yang sangat keras terhadap orang lain yang menjaili klien.

d.      Penyimpangan yang nampak (misalnya tics, mennrism)                                                 
Selalu mengigit bibir jika saya mengajukan beberapa pertanyaan yang agak sulit di mengerti olehnya. Selalu melihat keatas jika pertanyaan itu malas klien jawab. Sampai-sampai kadang ia mengangap bahwa pertanyaan yang saya berikan sangatlah tidak penting bagi dirinya.

5.      HASIL TEST PSIKOLOGI
Berdasarkan hasil tes atau assesment yang telah
                                    Berikan lebih dari 90% klien lebih aktif dibandingkan berdiam diri.

6.      INTERPRETASI
Dari hasil wawancara dan beberapa pertanyaan yang saya ajukan, ada beberapa hal yang klien masih ragu untuk menjawab. Terbukti dari bebrapa pertanyaan yang saya ajukan kepadanya ia masih saja susah menjawab. Masih banyak hal yang klien pendam. Masih mengingat pembulian yang dilakukan teman-teman kepadanya. Selalu ingin menangis ketiak mengingat kata pembulian.
Klien memiliki sifat keras kepala, cepat marah/ emosional, optimis,gembira, cepat sedih jika di judge, cepat merasa susah, masa bodoh, sangat berani, mudah sirik dengan apa yang dimiliki orang lain, curigaan dan kadang sangat penakut.Klien sudah bisa hidup mandiri.
Kalau ada yang susah ia kerjakan sendiri lansung mencari bantuan orang lain, ia juga orang yang tidak dapat mengambil keputusan sendiri dan yang pasti suka berkumpul dengan banyak orang. Klien adalah orang yang suka berpetualang, klien adalah seorang yang konstruktif. Selalu mengeluh dengan keadaan tubuhnya.
Dari segi kehidupan, klien mengangap bahwa ia merasa hidupnya sangat menyenagkan setelah selesai operasi pengangkatan tumor pada lehernya. Klien merasa lebih PEDE.


7.      IDENTITAS PEMERIKSA.
a.       Nama                             :
b.      Nama pangilan              :
c.       Tempat/tanggal.lahir     :
d.      Pendidikan                    :
e.       Nim                               :
f.       Pekerjaan                       :
g.      Alamat                          :
h.      Tanggal pemeriksaan     : 30 mei 2015

You May Also Like

0 komentar