Analisis fitur dan Pencocokan prototipe

by - 9:06 PM


1.      Analisis fitur
Analisis fitur merupakan sebuah pendekatan teori yang menyatakan bahwa pengenalan objek merupakan pemrosesan informasi tingkat tinggi yang didahului oleh pengidentifikasian stimuli kompleks yang masuk ke retina yang sesuai dengan fitur-fitur (Robert, Otto, Maclin dalam psikologi kognitif hal.140 ) sehingga sebelum kita memahami suatu pola informasi visula, kita mereduksi dan menganalisis komponen visual.
Misalnya sebuah kata panah, kita tidak serta merta langsung menggambarkan bahwa panah adalah suatu benda yang panjang yang memiliki ujung tajam dan runcing. Atau di eja sebagai kata P-A-N-A-H. Namun terlebih dahulu kita menganalisis fitur-fitur yang menjadi komponennya. Misalnya huruf a bisa di pecah menjadi dua garus horisontal (/ \ ) kemudia garis horisontal (-) sebuah ujung yang bersudut (^) dan dengan bagian bawah terbuka ( /---\ ).
2.      Pencocokan prototipe
Pendekatan teori lain tentang pengenalan suatu pola adalah teori pencocokan prototipe. Pencocokan prototipe lebih dari sekedar bentuk spesifik dari suatu template atau bahkan membentuk beragam fitur yang akan kita identifikasi. Kita akan menyimpan sejumlah pola abstraksi dalam memori, dan abstraksi tersebut berperan sebagai suatu prototipe. Sebuah pola yang akan di inderakan selanjutnya di bandingkan dengan prototipe dalam memori, jika ada kesamaan, maka poladapat di kenali.

You May Also Like

0 komentar