Review Jurnal
1. Topik : Jurnal
Perilaku Konsumen
2. Kerangka
a. Judul : Perilaku
Konsumen dalam Berbelanja pada Supermarket Di Yogyakarta
b. Jurnal
volume dan halaman : Volume 8
c. Penulis : Arif
Sudaryana
d. Tanggal : 2011
e. Tujuan penelitian : 1. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dalam berbelanja pada supermarket di wilayah Yogyakarta.
2. Untuk mengidentifikasi faktor yang paling
dominan dalam memilih suatu supermarket untuk berbelanja di wilayah Yogyakarta.
f. Definisi operasional variable
penelitian : 1. Variabel Independent
(bebas) sebagai motivasi konsumen. Seseorang berbelanja pada supermarket di
wilayah Yogyakarta, karena supermarket tersebut mempunyai atribut yang memenuhi
kebutuhannya sehingga mendorong konsumen untuk berbelanja.
2. Variabel Dependen (terpengaruh) sebagai
variabel perilaku. Manivestasi dari perilaku konsumen adalah preferensi
konsumen dalam berbelanja. Jika konsumen merasa terpenuhi dalam berbelanja pada
suatu supermarket maka akan melakukan pembelian ulang.
g. Subjek penelitian : Konsumen
yang berbelanja pada supermarket di Yogyakarta
h. Metode penelitian : Metode pengumpulan data yang
dipakai dalam penelitian ini adalah metode surve dilakukan dengan pengambilan
data melalui penyebaran daftar pertanyaan yang ditujukan ke obyeknya.
i. Teknik pengumpulan
data : Dalam penelitian ini
menggunakan kuisioner yang
mengacu pada skala likert dengan indeks nilai dari 1 sampai 5. Penggunaan skala
pengukuran ini dengan pertimbangan bahwa skala tersebut sudah mempunyai
interval. Variabelnya bersifat kontinue dan tidak dikotom.
j. Hasil penelitian : Hubungan karakteristik konsumen dengan manfaat yang dicari,
ternyata ada hubungan yang dignifikan antara jenis pekerjaan dan perbedaan
tingkat pendapatan dengan kecenderungan memilih atribut yang ada pada
supermarket sehingga perbedaan karakteristik akan memberikan perbedaan
tanggapan atas setiap atribut yang ditawarkan oleh supermarket.
.
k. Kekuatan penelitian : Karena ada hubungan antara berbagai
karakteristik konsumen dengan preferensinya maka kategori tersebut dapat
dipergunakan untuk membuat segmentasi pasar sehingga dapat menentukan pasar
sasaran yang lebih tepat.
l. Kelemahan penelitian :
Keanekaan produk dalam suatu
supermarket serta tingkat harga yang ditetapkan harus diperhatikan karena
variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan bagi konsumen dalam
berbelanja.
0 komentar