Review Jurnal

by - 10:03 PM


1.    Topik                                           :    Jurnal Perilaku Konsumen
2.    Kerangka                         
a.  Judul                                       :    Perilaku Konsumen dalam Berbelanja pada Supermarket Di Yogyakarta
       b.  Jurnal volume dan halaman    :    Volume 8
       c.  Penulis                                    :    Arif Sudaryana
       d.  Tanggal                                   :    2011
e.  Tujuan penelitian                    :    1.  Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja pada supermarket di wilayah Yogyakarta.
                                                         2.  Untuk mengidentifikasi faktor yang paling dominan dalam memilih suatu supermarket untuk berbelanja di wilayah Yogyakarta.
                                                                 
       f. Definisi operasional variable
  penelitian                                :   1.  Variabel Independent (bebas) sebagai motivasi konsumen. Seseorang berbelanja pada supermarket di wilayah Yogyakarta, karena supermarket tersebut mempunyai atribut yang memenuhi kebutuhannya sehingga mendorong konsumen untuk berbelanja.
                                                      2. Variabel Dependen (terpengaruh) sebagai variabel perilaku. Manivestasi dari perilaku konsumen adalah preferensi konsumen dalam berbelanja. Jika konsumen merasa terpenuhi dalam berbelanja pada suatu supermarket maka akan melakukan pembelian ulang.

g.  Subjek penelitian                    :    Konsumen yang berbelanja pada supermarket di Yogyakarta
h.  Metode penelitian                  :    Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode surve dilakukan dengan pengambilan data melalui penyebaran daftar pertanyaan yang ditujukan ke obyeknya.
i.   Teknik pengumpulan data      :    Dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang mengacu pada skala likert dengan indeks nilai dari 1 sampai 5. Penggunaan skala pengukuran ini dengan pertimbangan bahwa skala tersebut sudah mempunyai interval. Variabelnya bersifat kontinue dan tidak dikotom.
j.   Hasil penelitian                       :   Hubungan karakteristik konsumen dengan manfaat yang dicari, ternyata ada hubungan yang dignifikan antara jenis pekerjaan dan perbedaan tingkat pendapatan dengan kecenderungan memilih atribut yang ada pada supermarket sehingga perbedaan karakteristik akan memberikan perbedaan tanggapan atas setiap atribut yang ditawarkan oleh supermarket.
.

k.  Kekuatan penelitian               :    Karena ada hubungan antara berbagai karakteristik konsumen dengan preferensinya maka kategori tersebut dapat dipergunakan untuk membuat segmentasi pasar sehingga dapat menentukan pasar sasaran yang lebih tepat.
l.   Kelemahan penelitian             :    Keanekaan produk dalam suatu supermarket serta tingkat harga yang ditetapkan harus diperhatikan karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan bagi konsumen dalam berbelanja.

You May Also Like

0 komentar