COntoh laporan Praktikum PTP

by - 1:28 AM


LAPORAN PRAKTIKUM

PENGEMBANGAN TES PRESTASI
KETAMANSISWAAN TINGKAT PERGURUAN TINGGI
 

BAB I
PENGEMBANGAN SPESIKASI TES
            Kongres XII persatuan tamansiswa pada tahun 1975 memutuskn antara lain bahwa mulai tahun pendidikan 1976/1977 perguruan tamansiswa menggunakan kurikulum pendidikan yang berlaku disekolah-sekolah pemerintah ditambah pendididkan ketamansiswaan. Sejak waktu itu pendidikan ketamansiswaan dimasukan dalam daftar pelajaran perguruan tamansiswa mulai dari tingkat rendah sampai perguruan tinggi.
Sejak awal berdirinya pendidikan ketamansiswaan diberikan secara langsung dalam pergaulan hidup sehari-hari, dalam bentuk penjelasan-penjelasan, ceramah, sarasehan,dalam waktu tertentu. Mahasiswa Sarjanawiyata Tamansiswa sebagai keluarga tamansiswa sudah sepantasnya dan wajib untuk mempelajari dan memahami, melainkan juga merasa terpanggil untuk memperdalam dan meningkatkan, dan kemudian mengembangkan serta menyebarluaskannya di luar lingkungan Tamansiswa.
Ilmu ketamansiswaan mempelajari hal-hal awal mengenai tamansiswa yang meliputi : sejarah kelahirannya, pendidikan, organisasi, dan ajaran hidupnya. Mempelajari ketamansiswaan berarti kita mempelajari ajaran Ki Hadjar Dewantara yang terus berkembang selaras dengan tuntutan alam dan zamannya. Dalam mempelajari ketamansiswaan itu dikenal dengan menggunakan  teori “Tringo” : ngerti, ngorso, nglakoni. Ilmu ketamansiswaan tidak hanya terbatas pada apa yang perlu diketahui, melainkan juga harus dapat memahami yang “tersirat” dalam pengetahuan itu.Sesuai dengan maksud mengilmiahkan pendidikan ketamansiswaan itu tidak hanya ngerti, ngerasa, nglakoni, namun harus dapat memasyarakatkannya dalam arti pendekatan hubungan manusiawi yang berintikan asas hidup kemanusiaan (Moesman, 1985).
Tahapawaldarikegiatanpengembanganalatukur (tes) kognitif, khususnyatesprestasibelajariniadalahpraktikanmenentukantesprestasibelajarapa yang akandikembangkanalatukurnya, kemudianmembuatspesifikasites.
Spesifikasitesberisi:
1.      Karakteristik Subjek :
Subjek yang akan di tes berjumlah49 mahasiswa yang mengambil mata kuliah ketamansiswaankelas C.


2.      Tujuan
Tujuan umum :
Untuk mendapatkan alat tes yang bagus dan yang terstandar, dari mata kuliah yang akan kita uji yaitu mata kuliahketamansiswaan.
Tujuan khusus :
a.       Mampu Mendeskripsikan Sejarah Berdirinya Tamansiswa.
Pengalaman belajar mahasiswa adalah mengambarkan dan menemukan sejarah tamansiswa
b.      Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan ciri khas ketamansiswaan.
Pengalaman belajar mahasiswa adalah menganalisis visi misi, asas, tujuan dan ciri khas ketamansiswaan.
c.       MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa
d.      Mampu Mengenal Ki Hadjar Dewantara dan Perjuangannya
3.      Format Soal.
Format soal yang disepakati adalahPilihan ganda dengan jumlah soal 30butir dan 5  alternatif jawaban.
4.      Taraf dan Distribusi Kesukaran Soal.
Taraf kesukaran yang diminta dan distribusinya adalah 0,3-0,7
5.      Daya beda
Daya beda dari tes ini adalah
Rtt :0,90
Rit : 0,30
6.      Reliabilitas.
Reliabilitasnya adalah 0,90
7.      Jumlahsoaldan Batas Waktu.
Jumlah soal yang akan di uji adalah 30  soal dengan durasi waktu 60 menit.
Jumlahsoaldihitungberdasarkanreliabilitas yang diminta. Jumlahsoaldihitungdenganmenggunakanrumussbb:
                                                n ()
                  rtt = ______________
     1 + (n-1) rit
            
Keterangan.
rtt         =Reliabilitastes yang diminta/dikehendaki
n           =JumlahSoal
= Korelasiaitemdengan total skor (disebut juga dayapembeda(indeksdiskriminasi) yang diminta.
Yang dikehendaki : rtt =0,9; rit =0,3sehingga perhitungannya sebagai berikut :
                      0,9  = n (0,5)2
1 + (n-1) 0,52
         0,9 = 0,25n
                                                1 + 0,25n – 0,25
                                         0,9 = 0,25n
                                                0,75 + 0,25n
                                                (0,9 x 0,75) + (0,9 x 0,25n) = 0,25n
                                         0,675 + 0,225n = 0,25n
                                         0,675 = 0,25n – 0,225n
                                         0,675 = 0,025n
                                         n = 0,675
                                                0,025
                                         n = 27 soal

8.      Blue Print.
Blue print yang harusdibuatadalah Blue Print PembobotanTesPrestasi Belajar Ketamansiswaan Kelas C Semester I, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.







                                    TabelBlue PrintPembobotan
Komponen Isi
KomponenPerilaku
Bobot
(%)
Rem
Under
Apply
Anly
Eval
Creat.

Mampu mendeskripsikan sejarah berdirinya Tamansiswa.






20
Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan ciri khas ketamansiswaan





25
MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa






15
Mampu Mengenal Ki Hadjar Dewantara dan Perjuangannya






40
Jumlah
100
Tabel 1












BAB II
PERSIAPAN TES UNTUK UJI COBA
1.      Blue print Dan Nomor soal bentuk Awal
Blue print dan penomoran soal awal
Komponen Isi
KomponenPerilaku
Bobot
(%)
F
Rem
Under
Apply
Anly
Eval
Creat.
Mampu mendeskripsikan sejarah berdirinya Tamansiswa.
1,2,3,4,5,6





20
6
Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan ciri khas ketamansiswaan



7,8,9,10,11,12,13,14,


25
8
MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa

15,16, 17,18,19,




15
5
Mampu Mengenal Ki Hadjar Dewantara dan Perjuangannya
20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30





40
11
Jumlah
100
30
 Tabel 2

2.      Penulisan Aitem Tes, Telaah Soal dan perakitan soal
Dalam menulis aitem-aitem tes ini, yang diperhatikan kaidah penulisan soalnya. Kaidah penulisan soal/aitem tes pilihan ganda,  yang baik yang harus diikuti oleh pengembang tes  adalah sebagai berikut:
a.       Aitem menanyakan hal penting untuk diketahui.
b.      Tulis aitem yang berisi pernyataan pasti.
c.       Utamakan aitem yang mengandung pernyataan umum yang bertahan lama
d.      Buatlah aitem yang berisi satu gagasan saja.
e.       Buatlah aitem yang menyatakan inti pertanyaan dengan jelas.
f.       Hindari pernyataan yang negatif.
g.      Gunakan bahasa yang jelas, kata-kata yang sederhana dan pernyataan langsung
h.      Sediakan alternatif yang jelas berbeda.
i.        Alternatif yang disediakan hendaknya memiliki struktur dan arti yang sejajar atau satu kategori
j.        Menghindari penggunaan alternatif jawaban yang semata-mata meniadakan atau bertentangan dengan alternatif yang lain.
k.      Alternatif jawaban ”bukan salah satu di atas” atau  ”semua yang di atas” boleh digunakan jika kebenaran bersifat mutlak, bukan kebenaran yang bersifat relatif.
l.        Jangan menjebak siswa dengan menanyakan hal-hal yang tidak ada jawabannya dan
m.    Hindari penggunaan kata-kata yang dapat dijadikan petunjuk oleh siswa dalam menjawab (Azwar,1996).
Suryabrata (1997) menambahkan bahwa intisari permasalahan harus diletakkan pada stem dan semua pilihan jawaban dimungkinkan yang homogen dan dimungkinkan sebagai jawaban yang benar.Adapun kata kerja  bantu yang dapat digunakan untuk menulis aitem berdasarkan level kompetensinya dapat dilihat dibuku Tes Prestasi Belajar (Azwar,2000).Dari hasil penulisan aitem tes kemudian dilakukan telaah soal terhadap tes yang telah disusun. Dalam penyusunan laporan kami menguraikan beberapa proses jalannya penyususnan laporan  pratikum. Yang  terlibat dalam  penyususnan laporan ini adalah Dosen pengampu,asisten praktikum, guru mata kuliah Ketamansiswaan, dan yang di konsultasikan adalah Blue print dan dan soal sebnayak 30  pilihan ganda, kami juga menyiapkan lembaran jawaban dan kunci jawabannya.
Penulisan aitem dan soal mengacu pada RPPS mata kuliah Ketamansiswaan Semester 1 dan buku ajar Ketamansiswaan. Penulisan aitem dan soal telah memperoleh proffesional judgement dari Asisten DosenRobert Philip Bertolomeusdan guru mata kuliah Ketamansiswaan
Aitem yang paling sering muncul pada tes ini adalah Remembering, understanding dan Analysis Dalam pengerjaan tes, siswa harus closed book.
3.      Perakitan Soal
Dalam perakitan soal kami melakukan penyususnan soal sebanyak 30 soal alternantif beserta jawabannya.  Dalam penyusunan soal kami menyususn soal berdasarkan  RPPS dan  soal diambil dari buku bahan ajar  Ketamansiswaan.. Dari Bab 1 soalnya berisikan   sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah. Dari bab 2  soalnya berisiskan tentang faktor dan kelipatan dalam memecahkan masalah. Bab 3 soalnya berisikan tentang pengukuran sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah. Soalnya bersifat pilihan ganda dengan jawaban a,b,c,d, dan e
Tes prestasi yang dikembangkan terdiri dari 30 butir soal dengan 5 alternatif jawaban. Subjek tes terdiri dari 30 orang.



















BAB III
UJI COBA PERANGKAT TES
1.      Diskripsi Subjek Penelitian
Subjek yang akan di menjadi sasaran uji coba adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah Ketamansiswaan kelas C, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yogyakarta sebanyak 49 orang Mahasiswa.
2.      Tes dalam Bentuk Siap Uji Coba
Soal Tes Matakuliah KetamansiswanSemester 1
Mata pelajaran             : Ketamansiswaan
Kelas                           : C
__________________________________________________________
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang menurut anda benar
1.      Dimana pertama kalinya Tamansiswa didirikan
a. Jakarta               c. Sumatra                               e. Jawa tengah
b. Surabaya           d. Yogyakarta
2.      Sebutkan kapan tamansiswa didirikan
a.   3 Juli 1922                   c.  3 Juni 1922             e. 3 juli 1924
b.   3 juli 1923                   d.  3 juni 1923
3.      Siapakah tokoh  pendiri mendirikan tamansiswa
a.   Ki Ageng Suryomataram                   
b.   Ki Hadjar Dewantara
c. RM Sustatmo Suryokusumo    
d. Ki Sutopo Wonoboyo
e. R.Aj. Soetartinah Sasraningrat
4.      Sejak berdirinya Tamansiswa Ki Hadjar Dewantara berjuang dikalangan
a. perekonomian                            c. Pendidikan                          e. Kesenian
b. Pertanian                                   d. Kebudayaan
5.      Tamansiswa diumumkan sebagai badan Wakaf pada tanggal
a.22 Oktober 1923                        c. 27 November 1922              e. 22 oktober 1924
b.22 Oktober 1922            d. 24 November 1922

6.      Sebutkan Visi tamansiswa
a. Terwujudnya badan pembangunan bangsa                              
b. Membangun masyarakat tertib, damai, salam bahagia
c. Membangun rasa nasionalisme yang tinggi
d. Terwujudya badan ekonomi masyarakat
e. Agar dapat membangun masyarakat yang berani melawan penjajahan
7.      Sebutkan misi Tamansisw
a.       Melestarikan kebudayaan Asing
b.      Mencerdasakan bangsa dengan mempertajam daya cipta, rasa dan karsa
c.       Pendidik sebagai pencerahan budaya
d.      Makmur tidak berdasarkan pancasila
e.       Membangun masyarakat yang adil dan makmur
8.      Sebutkan Tujuan dari Tamansiswa
a.       Agar dapat mewujudkan cita-cita pembanguana
b.      Agar dapat mewujudkan cita-cita kemanusiaan berdasarkan pancasila dan UUD
c.       Agar dapat mewujudkan masyarakat yang terti
d.      Agara dapat berbudi  pekerti luhir
e.       agar dapat berbaur dengan masyarakat
9.      Sebutkan asas pertama dari tamansiswa
a. membebaskan kemerdekaan seseorang
b. tertib dan damai
c. hak dan kewajiban seseorang dalam mengatur kehidupannya sendiri
d. merdeka batin
e. memotivasi diri untuk menjadi lebih baik
10.  Sebutkan asas kedua dari Tamansiswa
a.       Memberikan pengetahuan
b.      Memiliki rasa kebangsaan
c.       Terikat lahir dan batin
d.      Meredeka batin, pikiran dan tenaganya
e.       Kesempurnaan bangsa

11.  Salah satu Ciri khas dari tamansiswa adalah
a. Selalu Salam Dan Bahagia
b. Selalu menundukan kepala ketika memberi hormat
c. Selalu Menghomati Sesama
d.Ketika mengikuti perkuliahan selalu mengunakan bahasa jawa ketika megikuti matakuliah ketamansiswaan
e. Selalu bekerja sama saat ada tugas kelompok
12.  Ciri Khas dari pendidikan Tamansiswa
a.       Selalu mengikuti perkembangan Zaman
b.      Selalu mengucapkan salam dan bahagia
c.       Berdasarkan pancasila dan berciri khas panca darma
d.      Tidak membatasi pendidikan mahasiswa
e.       Menjunjung tinggi bahasa pemersatu bangsa yaitu bahasa indonesia dalam setiap mata kuliah       
13.  salah satu ciri khas dari panca darma adalah
a. Kodrat alam                 
b. KemerdekaanDan Kemanusiaan
c. Kebudayaan Dan Kebangsaan
d. Peduli Tanah Air
e. a,b dan c benar
14.  Apa saja atribut kekhususan Tamansiswa yang digunakan oleh Persatuan Tamansiswa
a. Garuda dan lambang                
b. lambang dan Panji-panji
c. Panji-panji dan pancasila
d. Garuda dan Panji-panji
e. Lambang Tamansiswa dan garuda
15.  Secara keseluruhan arti lambang Tamansiswa adalah
a. Kehidupan manusia yang menuju kepada kemajuan dan kemenangan mencapai cita-cita perjuangan
b. senjata pemungkas yang digunakaj untuk menghilangkan  segala penghambat perjuangan
c. perjuangan tamansiswa membina anak didik dan masyarakat secara kreatif  dan dinamis dalam mewujudkan masyarakat tertib damai dan salam bahagia.        
d. melambangkan kehidupan manusia yang  melambangkan ciri khas tamansiswa “pancadarma”
e. mewujudkan terciptanya cita-cita masyarakat dalam memajukan anak didik
16.  Lambang  atribut Tamansiswa berbentuk “Garuda dan cakra “. Didalam cakra terdapat hiasan bunga “ Wijayakusuma” yang bertuliskan
a.       Tamansiswa                            
b.      Perguruan Tamansiswa
c.        Persatuan Perguruan Tamansiswa  berpusat Yogyakarta
d.      Pancadarma
e.       Asas Tamansiswa
17.  Panji-panji atribut Tamansiswa berbentuk perisai. Panji-panji tersebut berisi
a.       Lambang tamansiswa, Tulisan” suci tata Ngesti Tunggal, dan tahun Masehi 1922 dengan Hiasan
b.      Warna dasar Hijau,lambang, tulisan, hiasan,dan rumbai warna kuning emas
c.       Garuda bentuk sayap dan ekor yang terlukis tujuh helai bulu dan bagian    dalam lima helai bulu. 
d.      Cakra, Garuda bentuk sayap, rumbai warna kuning emas
e.       Lambang tamansiswa, Pancadarma, dan tahun Masehi 1922 dengan Hiasan
18.  Panji-panji dalam atribut tamansiswa memiliki warna dasar hijau yang berarti
a.       Sianar                                      e. Harapan
b.      Berani
c.       Bersih
d.      Salam dan bahagia 
19.  Raden Mas Suwardi Suryaningrat adalah nama dari
a. Ni Asti Wandansari                                           e. Niken Wandansari  
b. Ki Bambang Sukawati
c. Ki Hadjar Dewantara                           
d. Ki Syaelendra Wijaya

21. siapa nama istri dari Ki Hadjar dewantara
a. NI Soerjaningrat
b. R.Aj.Soetartinsh Sasraningrat
c. Niken Wandansari
d. bambang sukowati
e syailendra wijaya
22.  Dimanakah tempat dan tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara
a.       Yogyakarta, 2 mei 1889                      e. Yogyakarta, 2 Mei 1886
b.      b. Yogyakarta 2 Mei 1887
c. Yogyakarta, 2 Agustus 1889               
d. Yogyakarta,2 Agustus 1889
                 
23.  Kapan Ki Hadjar Dewantara meninggal dunia
a. Yogyakarata, 26 Januari 1959              
b. Yogyakarta, 26 April 1959
b. Surabaya, 26 April 1959                      
d. Yogyakarta, 27 April 1959
e. Yogykarta, 27 april 1960
23. dimana tempat pemakaman Ki Hadjar dewantara
a. taman Makam Pahlawan                                   e. Jalan Kusumanegara
b. Taman Celeban
c. Makam Taman Wijayabrata                 
d. Taman Makam Umum
24.  Pada tanggal 7 agustus 1930 Ki Hadjar menyerahkan Perguruan Tamansiswa Kepada
a. pemerintah indonesia                                        e. Istri Ki hadjar Dewantara
b. Pemerintahan saat itu
c. Keluarga besar Kihadjar Dewantara                
d. Perguruan Tamansiswa dalam piagam perjanjian pendirian
25.  Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dimulai dari
a.   Stovia                          d. UIN
b.   Rathkamp                    e. ELS
c. Kweekschool
26. dimana  Ki Hadjar dewantara meraih akte guru Europa
a. ELS
b. STOVIA
c. KWEESCHOOL
d. Pendidikan Paedagogie Di Negeri Belanda
e. Sekolah Guru Taman Siswa
27.  Perjuangan Ki hadjar Dewantara dalam dunia pergerakan melalui
a.       bidang kewartawanan, gerakan Politik, gerakan pendidikan
b.      Bidang ekonomi, bidang kebudayaan,bidang pertanian
c.       Bidang penulis, bidang pendidik, bidang pengusaha
d.      Ketua partai, bidang kebudayaan, bidang pengusaha
e.       Ketua partai, bidang organisasi, bidang kedokteran
28.  Ki Hadjar Dewantara menciptakan ‘Tri Pusat Pendidikan”
a. keluarga, orang tua, saudara                 
b. Guru,orang tua, teman bermain
c. keluarga, sekolah dan masyarakat        
d. Guru, keluarga, sahabat akrab
e. sekolah, taman bermain dan Rumah
29.  Pada tahu 1912 diajak seseorang untuk mengasuh Harian De Express dibandung. Siapakah orang tersebut
a. Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo               d. Dr. Ernest Douwes Dekker
b.. Sedyotomo                                             e. Sri Sultan
c. Tjokroaminoto                                      
30.  Dizaman pendudukan jepang (1942-1945) bersama-sama dengan beberapa pejuang membentuk empat serangkai, siapa sajakah anggota empat serangkai tersebut :
a. Bung Karno,Bung Hatta Ki Hadjar Dewantara                      
b. Bung Hatta, Simanjuntak, Ki Hadjar Dewantara
c. Bung Hatta, KH Mas Mansyur, Bung Karno
d. Ki Hadjar Dewantara, RM Surwadi Suryaningrat
e. RM Surwadi Suryaningrat, Bung Hatta, Simanjuntak

You May Also Like

0 komentar