COntoh laporan Praktikum PTP
LAPORAN PRAKTIKUM
PENGEMBANGAN TES PRESTASI
KETAMANSISWAAN TINGKAT
PERGURUAN TINGGI
BAB I
PENGEMBANGAN SPESIKASI TES
Kongres
XII persatuan tamansiswa pada tahun 1975 memutuskn antara lain bahwa mulai
tahun pendidikan 1976/1977 perguruan tamansiswa menggunakan kurikulum
pendidikan yang berlaku disekolah-sekolah pemerintah ditambah pendididkan
ketamansiswaan. Sejak waktu itu pendidikan ketamansiswaan dimasukan dalam
daftar pelajaran perguruan tamansiswa mulai dari tingkat rendah sampai
perguruan tinggi.
Sejak awal berdirinya pendidikan ketamansiswaan
diberikan secara langsung dalam pergaulan hidup sehari-hari, dalam bentuk
penjelasan-penjelasan, ceramah, sarasehan,dalam waktu tertentu. Mahasiswa
Sarjanawiyata Tamansiswa sebagai keluarga tamansiswa sudah sepantasnya dan
wajib untuk mempelajari dan memahami, melainkan juga merasa terpanggil untuk
memperdalam dan meningkatkan, dan kemudian mengembangkan serta
menyebarluaskannya di luar lingkungan Tamansiswa.
Ilmu ketamansiswaan mempelajari hal-hal awal
mengenai tamansiswa yang meliputi : sejarah kelahirannya, pendidikan,
organisasi, dan ajaran hidupnya. Mempelajari ketamansiswaan berarti kita
mempelajari ajaran Ki Hadjar Dewantara yang terus berkembang selaras dengan
tuntutan alam dan zamannya. Dalam mempelajari ketamansiswaan itu dikenal dengan
menggunakan teori “Tringo” : ngerti,
ngorso, nglakoni. Ilmu ketamansiswaan tidak hanya terbatas pada apa yang perlu
diketahui, melainkan juga harus dapat memahami yang “tersirat” dalam
pengetahuan itu.Sesuai dengan maksud mengilmiahkan pendidikan ketamansiswaan
itu tidak hanya ngerti, ngerasa, nglakoni, namun harus dapat memasyarakatkannya
dalam arti pendekatan hubungan manusiawi yang berintikan asas hidup kemanusiaan
(Moesman, 1985).
Tahapawaldarikegiatanpengembanganalatukur
(tes) kognitif,
khususnyatesprestasibelajariniadalahpraktikanmenentukantesprestasibelajarapa
yang akandikembangkanalatukurnya, kemudianmembuatspesifikasites.
Spesifikasitesberisi:
1. Karakteristik
Subjek :
Subjek yang akan di tes berjumlah49 mahasiswa yang
mengambil mata kuliah ketamansiswaankelas C.
2. Tujuan
Tujuan umum :
Untuk mendapatkan alat
tes yang bagus dan yang terstandar, dari mata kuliah yang akan kita uji yaitu
mata kuliahketamansiswaan.
Tujuan khusus :
a. Mampu Mendeskripsikan
Sejarah Berdirinya Tamansiswa.
Pengalaman belajar
mahasiswa adalah mengambarkan dan menemukan sejarah tamansiswa
b.
Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan
ciri khas ketamansiswaan.
Pengalaman belajar mahasiswa adalah menganalisis
visi misi, asas, tujuan dan ciri khas ketamansiswaan.
c.
MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa
d.
Mampu Mengenal Ki Hadjar Dewantara dan
Perjuangannya
3. Format Soal.
Format soal yang
disepakati adalahPilihan ganda dengan jumlah soal 30butir dan 5 alternatif jawaban.
4. Taraf dan Distribusi Kesukaran Soal.
Taraf kesukaran yang diminta dan distribusinya
adalah 0,3-0,7
5. Daya beda
Daya beda dari tes ini adalah
Rtt :0,90
Rit : 0,30
6. Reliabilitas.
Reliabilitasnya adalah 0,90
7.
Jumlahsoaldan Batas Waktu.
Jumlah soal yang akan di
uji adalah 30 soal dengan durasi waktu
60 menit.
Jumlahsoaldihitungberdasarkanreliabilitas yang diminta.
Jumlahsoaldihitungdenganmenggunakanrumussbb:
n ()
rtt = ______________
1 +
(n-1) rit
Keterangan.
rtt =Reliabilitastes yang diminta/dikehendaki
n =JumlahSoal
= Korelasiaitemdengan
total skor (disebut juga dayapembeda(indeksdiskriminasi) yang diminta.
Yang dikehendaki : rtt =0,9;
rit =0,3sehingga perhitungannya sebagai berikut :
0,9 = n (0,5)2
1 + (n-1) 0,52
0,9 = 0,25n
1
+ 0,25n – 0,25
0,9
= 0,25n
0,75
+ 0,25n
(0,9
x 0,75) + (0,9 x 0,25n) = 0,25n
0,675
+ 0,225n = 0,25n
0,675
= 0,25n – 0,225n
0,675
= 0,025n
n
= 0,675
0,025
n
= 27 soal
8. Blue Print.
Blue print yang
harusdibuatadalah Blue Print PembobotanTesPrestasi Belajar Ketamansiswaan Kelas C Semester I,
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
TabelBlue
PrintPembobotan
Komponen Isi
|
KomponenPerilaku
|
Bobot
(%)
|
|||||
Rem
|
Under
|
Apply
|
Anly
|
Eval
|
Creat.
|
||
Mampu mendeskripsikan sejarah berdirinya Tamansiswa.
|
√
|
20
|
|||||
Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan
ciri khas ketamansiswaan
|
√
|
25
|
|||||
MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa
|
√
|
15
|
|||||
Mampu Mengenal Ki
Hadjar Dewantara dan Perjuangannya
|
√
|
40
|
|||||
Jumlah
|
100
|
Tabel 1
BAB II
PERSIAPAN TES UNTUK UJI COBA
1. Blue print Dan Nomor soal bentuk Awal
Blue print dan penomoran soal awal
Komponen Isi
|
KomponenPerilaku
|
Bobot
(%)
|
F
|
|||||
Rem
|
Under
|
Apply
|
Anly
|
Eval
|
Creat.
|
|||
Mampu mendeskripsikan sejarah berdirinya Tamansiswa.
|
1,2,3,4,5,6
|
20
|
6
|
|||||
Mampu menganalisis visi misi, asas, tujuan dan
ciri khas ketamansiswaan
|
7,8,9,10,11,12,13,14,
|
25
|
8
|
|||||
MampumenjelaskanpanjidanlambangTamansiswa
|
15,16, 17,18,19,
|
15
|
5
|
|||||
Mampu Mengenal Ki Hadjar Dewantara dan
Perjuangannya
|
20,21,22,23,24,25,26,27,28,29,30
|
40
|
11
|
|||||
Jumlah
|
100
|
30
|
Tabel 2
2. Penulisan
Aitem Tes, Telaah Soal dan perakitan soal
Dalam menulis aitem-aitem tes ini, yang diperhatikan
kaidah penulisan soalnya. Kaidah penulisan soal/aitem tes pilihan ganda, yang baik yang harus diikuti oleh pengembang
tes adalah sebagai berikut:
a.
Aitem
menanyakan hal penting untuk diketahui.
b.
Tulis
aitem yang berisi pernyataan pasti.
c.
Utamakan
aitem yang mengandung pernyataan umum yang bertahan lama
d.
Buatlah
aitem yang berisi satu gagasan saja.
e.
Buatlah
aitem yang menyatakan inti pertanyaan dengan jelas.
f.
Hindari
pernyataan yang negatif.
g.
Gunakan
bahasa yang jelas, kata-kata yang sederhana dan pernyataan langsung
h.
Sediakan
alternatif yang jelas berbeda.
i.
Alternatif
yang disediakan hendaknya memiliki struktur dan arti yang sejajar atau satu
kategori
j.
Menghindari
penggunaan alternatif jawaban yang semata-mata meniadakan atau bertentangan
dengan alternatif yang lain.
k.
Alternatif
jawaban ”bukan salah satu di atas” atau
”semua yang di atas” boleh digunakan jika kebenaran bersifat mutlak,
bukan kebenaran yang bersifat relatif.
l.
Jangan
menjebak siswa dengan menanyakan hal-hal yang tidak ada jawabannya dan
m.
Hindari
penggunaan kata-kata yang dapat dijadikan petunjuk oleh siswa dalam menjawab
(Azwar,1996).
Suryabrata (1997) menambahkan bahwa intisari permasalahan
harus diletakkan pada stem dan semua pilihan jawaban dimungkinkan yang homogen
dan dimungkinkan sebagai jawaban yang benar.Adapun kata kerja bantu yang dapat digunakan untuk menulis aitem
berdasarkan level kompetensinya dapat dilihat dibuku Tes Prestasi Belajar (Azwar,2000).Dari
hasil penulisan aitem tes kemudian dilakukan telaah soal terhadap tes yang
telah disusun. Dalam penyusunan laporan kami menguraikan beberapa proses
jalannya penyususnan laporan pratikum.
Yang terlibat dalam penyususnan laporan ini adalah Dosen
pengampu,asisten praktikum, guru mata kuliah Ketamansiswaan, dan yang di
konsultasikan adalah Blue print dan dan soal sebnayak 30 pilihan ganda, kami juga menyiapkan lembaran
jawaban dan kunci jawabannya.
Penulisan aitem dan soal
mengacu pada RPPS mata kuliah Ketamansiswaan Semester 1 dan buku ajar Ketamansiswaan.
Penulisan aitem dan soal telah memperoleh proffesional
judgement dari Asisten DosenRobert Philip Bertolomeusdan guru mata kuliah Ketamansiswaan
Aitem yang paling sering
muncul pada tes ini adalah Remembering,
understanding dan Analysis Dalam
pengerjaan tes, siswa harus closed book.
3. Perakitan
Soal
Dalam perakitan soal kami melakukan penyususnan soal
sebanyak 30 soal alternantif beserta jawabannya. Dalam penyusunan soal kami menyususn soal
berdasarkan RPPS dan soal diambil dari buku bahan ajar Ketamansiswaan.. Dari Bab 1 soalnya
berisikan sifat-sifat operasi hitung
bilangan dalam pemecahan masalah. Dari bab 2
soalnya berisiskan tentang faktor dan kelipatan dalam memecahkan
masalah. Bab 3 soalnya berisikan tentang pengukuran sudut, panjang dan berat
dalam pemecahan masalah. Soalnya bersifat pilihan ganda dengan jawaban a,b,c,d,
dan e
Tes prestasi yang dikembangkan terdiri dari 30 butir soal
dengan 5 alternatif jawaban. Subjek tes terdiri dari 30 orang.
BAB III
UJI COBA
PERANGKAT TES
1. Diskripsi
Subjek Penelitian
Subjek yang akan di
menjadi sasaran uji coba adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah
Ketamansiswaan kelas C, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yogyakarta sebanyak
49 orang Mahasiswa.
2. Tes
dalam Bentuk Siap Uji Coba
Soal Tes Matakuliah KetamansiswanSemester 1
Mata pelajaran :
Ketamansiswaan
Kelas :
C
__________________________________________________________
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang menurut anda
benar
1. Dimana pertama kalinya Tamansiswa didirikan
a.
Jakarta c.
Sumatra e.
Jawa tengah
b.
Surabaya d. Yogyakarta
2. Sebutkan kapan tamansiswa didirikan
a. 3 Juli 1922 c.
3 Juni 1922 e. 3 juli 1924
b. 3 juli 1923 d. 3 juni 1923
3. Siapakah tokoh
pendiri mendirikan tamansiswa
a. Ki Ageng Suryomataram
b. Ki Hadjar Dewantara
c.
RM Sustatmo Suryokusumo
d.
Ki Sutopo Wonoboyo
e.
R.Aj. Soetartinah Sasraningrat
4. Sejak berdirinya Tamansiswa Ki Hadjar Dewantara berjuang
dikalangan
a.
perekonomian c. Pendidikan
e. Kesenian
b.
Pertanian d.
Kebudayaan
5. Tamansiswa diumumkan sebagai badan Wakaf pada tanggal
a.22
Oktober 1923 c. 27 November 1922 e. 22 oktober 1924
b.22
Oktober 1922 d. 24 November
1922
6. Sebutkan Visi tamansiswa
a.
Terwujudnya badan pembangunan bangsa
b.
Membangun masyarakat tertib, damai, salam bahagia
c.
Membangun rasa nasionalisme yang tinggi
d.
Terwujudya badan ekonomi masyarakat
e.
Agar dapat membangun masyarakat yang berani melawan penjajahan
7. Sebutkan misi Tamansisw
a.
Melestarikan
kebudayaan Asing
b.
Mencerdasakan
bangsa dengan mempertajam daya cipta, rasa dan karsa
c.
Pendidik
sebagai pencerahan budaya
d.
Makmur
tidak berdasarkan pancasila
e.
Membangun
masyarakat yang adil dan makmur
8. Sebutkan Tujuan dari Tamansiswa
a.
Agar
dapat mewujudkan cita-cita pembanguana
b.
Agar
dapat mewujudkan cita-cita kemanusiaan berdasarkan pancasila dan UUD
c.
Agar
dapat mewujudkan masyarakat yang terti
d.
Agara
dapat berbudi pekerti luhir
e.
agar
dapat berbaur dengan masyarakat
9. Sebutkan asas pertama dari tamansiswa
a.
membebaskan kemerdekaan seseorang
b.
tertib dan damai
c.
hak dan kewajiban seseorang dalam mengatur kehidupannya sendiri
d.
merdeka batin
e.
memotivasi diri untuk menjadi lebih baik
10. Sebutkan asas kedua dari Tamansiswa
a.
Memberikan
pengetahuan
b.
Memiliki
rasa kebangsaan
c.
Terikat
lahir dan batin
d.
Meredeka
batin, pikiran dan tenaganya
e.
Kesempurnaan
bangsa
11. Salah satu Ciri khas dari tamansiswa adalah
a.
Selalu Salam Dan Bahagia
b.
Selalu menundukan kepala ketika memberi hormat
c.
Selalu Menghomati Sesama
d.Ketika mengikuti perkuliahan selalu mengunakan bahasa
jawa ketika megikuti matakuliah ketamansiswaan
e.
Selalu bekerja sama saat ada tugas kelompok
12. Ciri Khas dari pendidikan Tamansiswa
a.
Selalu
mengikuti perkembangan Zaman
b.
Selalu
mengucapkan salam dan bahagia
c.
Berdasarkan
pancasila dan berciri khas panca darma
d.
Tidak
membatasi pendidikan mahasiswa
e.
Menjunjung
tinggi bahasa pemersatu bangsa yaitu bahasa indonesia dalam setiap mata kuliah
13. salah satu ciri khas dari panca darma adalah
a.
Kodrat alam
b.
KemerdekaanDan Kemanusiaan
c.
Kebudayaan Dan Kebangsaan
d.
Peduli Tanah Air
e.
a,b dan c benar
14. Apa saja atribut kekhususan Tamansiswa yang digunakan
oleh Persatuan Tamansiswa
a.
Garuda dan lambang
b. lambang dan Panji-panji
c. Panji-panji dan pancasila
d. Garuda dan Panji-panji
e. Lambang Tamansiswa dan garuda
15. Secara keseluruhan arti lambang Tamansiswa adalah
a.
Kehidupan manusia yang menuju kepada kemajuan dan kemenangan mencapai cita-cita
perjuangan
b.
senjata pemungkas yang digunakaj untuk menghilangkan segala penghambat perjuangan
c.
perjuangan tamansiswa membina anak didik dan masyarakat secara kreatif dan dinamis dalam mewujudkan masyarakat
tertib damai dan salam bahagia.
d.
melambangkan kehidupan manusia yang
melambangkan ciri khas tamansiswa “pancadarma”
e.
mewujudkan terciptanya cita-cita masyarakat dalam memajukan anak didik
16. Lambang atribut Tamansiswa berbentuk “Garuda dan
cakra “. Didalam cakra terdapat hiasan bunga “ Wijayakusuma” yang bertuliskan
a.
Tamansiswa
b.
Perguruan Tamansiswa
c.
Persatuan Perguruan Tamansiswa berpusat Yogyakarta
d.
Pancadarma
e.
Asas Tamansiswa
17. Panji-panji atribut Tamansiswa berbentuk perisai.
Panji-panji tersebut berisi
a.
Lambang
tamansiswa, Tulisan” suci tata Ngesti Tunggal, dan tahun Masehi 1922 dengan
Hiasan
b.
Warna
dasar Hijau,lambang, tulisan, hiasan,dan rumbai warna kuning emas
c.
Garuda
bentuk sayap dan ekor yang terlukis tujuh helai bulu dan bagian dalam lima helai bulu.
d.
Cakra,
Garuda bentuk sayap, rumbai warna kuning
emas
e.
Lambang
tamansiswa, Pancadarma, dan tahun Masehi 1922 dengan Hiasan
18. Panji-panji dalam atribut tamansiswa memiliki warna dasar
hijau yang berarti
a.
Sianar e. Harapan
b.
Berani
c.
Bersih
d.
Salam
dan bahagia
19. Raden Mas Suwardi Suryaningrat adalah nama dari
a.
Ni Asti Wandansari e. Niken Wandansari
b.
Ki Bambang Sukawati
c.
Ki Hadjar Dewantara
d.
Ki Syaelendra Wijaya
21. siapa nama istri dari Ki Hadjar dewantara
a.
NI Soerjaningrat
b.
R.Aj.Soetartinsh Sasraningrat
c.
Niken Wandansari
d.
bambang sukowati
e
syailendra wijaya
22. Dimanakah tempat dan tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara
a.
Yogyakarta,
2 mei 1889 e.
Yogyakarta, 2 Mei 1886
b.
b.
Yogyakarta 2 Mei 1887
c.
Yogyakarta, 2 Agustus 1889
d.
Yogyakarta,2 Agustus 1889
23. Kapan Ki Hadjar Dewantara meninggal dunia
a.
Yogyakarata, 26 Januari 1959
b.
Yogyakarta, 26 April 1959
b.
Surabaya, 26 April 1959
d.
Yogyakarta, 27 April 1959
e.
Yogykarta, 27 april 1960
23.
dimana tempat pemakaman Ki Hadjar dewantara
a.
taman Makam Pahlawan e. Jalan Kusumanegara
b.
Taman Celeban
c.
Makam Taman Wijayabrata
d.
Taman Makam Umum
24. Pada tanggal 7 agustus 1930 Ki Hadjar menyerahkan
Perguruan Tamansiswa Kepada
a.
pemerintah indonesia e. Istri Ki hadjar
Dewantara
b.
Pemerintahan saat itu
c.
Keluarga besar Kihadjar Dewantara
d.
Perguruan Tamansiswa dalam piagam perjanjian pendirian
25. Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dimulai dari
a. Stovia d. UIN
b. Rathkamp e.
ELS
c.
Kweekschool
26. dimana Ki Hadjar
dewantara meraih akte guru Europa
a.
ELS
b.
STOVIA
c.
KWEESCHOOL
d.
Pendidikan Paedagogie Di Negeri Belanda
e.
Sekolah Guru Taman Siswa
27. Perjuangan Ki hadjar Dewantara dalam dunia pergerakan
melalui
a.
bidang
kewartawanan, gerakan Politik, gerakan pendidikan
b.
Bidang
ekonomi, bidang kebudayaan,bidang pertanian
c.
Bidang
penulis, bidang pendidik, bidang pengusaha
d.
Ketua
partai, bidang kebudayaan, bidang pengusaha
e.
Ketua
partai, bidang organisasi, bidang kedokteran
28. Ki Hadjar Dewantara menciptakan ‘Tri Pusat Pendidikan”
a.
keluarga, orang tua, saudara
b.
Guru,orang tua, teman bermain
c.
keluarga, sekolah dan masyarakat
d.
Guru, keluarga, sahabat akrab
e.
sekolah, taman bermain dan Rumah
29. Pada tahu 1912 diajak seseorang untuk mengasuh Harian De
Express dibandung. Siapakah orang tersebut
a.
Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo d. Dr. Ernest Douwes Dekker
b..
Sedyotomo e. Sri Sultan
c.
Tjokroaminoto
30. Dizaman pendudukan jepang (1942-1945) bersama-sama dengan
beberapa pejuang membentuk empat serangkai, siapa sajakah anggota empat
serangkai tersebut :
a.
Bung Karno,Bung Hatta Ki Hadjar Dewantara
b.
Bung Hatta, Simanjuntak, Ki Hadjar Dewantara
c.
Bung Hatta, KH Mas Mansyur, Bung Karno
d.
Ki Hadjar Dewantara, RM Surwadi Suryaningrat
e.
RM Surwadi Suryaningrat, Bung Hatta, Simanjuntak
0 komentar