LAPORAN SURVEY PENGGUNAAN OBAT NYAMUK
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pada
umumnya masyarakat perkotaan dan pedesaan memiliki masalah yang sangat komplek
terkait dengan kondisi lingkungannya. Kondisi udara rumah yang bau dan adanya
banyak serangga yang hidup di dalam rumah, diantaranya adalah nyamuk. Hal
tersebut telah mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi dan menggunakan pembasmi
nyamuk yang terdapat di pasaran. Tren
bentuk alat pengusir nyamuk dari waktu ke waktu berubah-ubah. Mulai dari obat
nyamuk bakar menjadi obat nyamuk semprot atau beraesol. Namun obat nyamuk
semprot ternyata juga mulai berganti menjadi produk anti nyamuk yang berbentuk
lotion.
Sekarang
ini, di Indonesia mulai berkembang obat nyamuk elektrik baik yang cair maupun
kertas. Selain itu juga ada alat yang digunakan untuk membunuh dengan aliran
listrik. Banyaknya jenis obat anti nyamuk di Indonesia disebabkan oleh semakin
meluasnya wabah demam berdarah dan adanya faktor ketidakcocokan konsumen
terhadap suatu produk dan kurang efisiennya penggunaan obat anti nyamuk yang
mengakibatkan bervariasinya produk anti nyamuk tersebut.
Studi tentang pengunaan obat
nyamuk itu sendiri sangat jarang dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu perlu dilakukan
studi untuk melihat penggunaan obat nyamuk di masyarakat untuk mendapatkan
informasi awal yang penting.
B. Tujuan
Untuk mengetahui pengguna obat nyamuk apa yang sering
digunakan oleh banyak masyarakat.
C. Manfaat
Memperoleh informasi
tentang obat nyamuk apa yang paling sering digunakan dan alasan pengguna dalam
memilih obat nyamuk tersebut.
BAB II
METODOLOGI PENELITIAN
A. Karakteristik
Subjek
Subjek yang
dipilih merupakan subjek dengan range umur remaja-dewasa.
B. Waktu dan tempat
Pengisian
kuesioner dimulai tanggal 29-30 November 2018 di Asrama Todilaling dan Asrama
Andi Depu di Yogyakarta.
C. Metode Pengumpulan
Data
Metode penelitian
yang digunakan adalah metode survey. Menurut Sugiyono (2013:11) pengertian
metode survey adalah:
“Penelitian
yang dilakukan dengan menggunakan angket sebagai alat penelitian yang dilakukan
pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari
sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian
relatif, distribusi, dan hubungan antar variabel, sosiologis maupun
psikologis”.
D. Teknik Analisis
Data
Teknik
analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik
deskriptif. Menurut
Sugiyono (2013:206) yang dimaksud dengan metode analisis deskritif adalah :
“Metode analisis deskritif adalah statistik yang digunakan
untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data
yang telah terkumpul sebagaimana adanyatanpa bermaksud membuat kesimpulan yang
berlaku untuk umum atau generalisasi”.
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Distribusi
Pemilihan Alternatif Jawaban
Dalam
pembuatan kuesioner peneliti menggunakan pemilihan alternative jawaban pengguna
obat nyamuk yang meliputi obat nyamuk Baygon, Vape, Hit, NoMos dan lainnya.
Tabel
Hasil Survey Pengguna Obat Nyamuk
No
|
Usia
|
JK
|
Pilihan
|
Alasan
|
1
|
22
|
P
|
Baygon
|
Murah
|
2
|
20
|
L
|
Hit
|
Gampang
|
3
|
23
|
L
|
Baygon
|
Sudah Legend
|
4
|
22
|
P
|
Hit
|
Efektif
|
5
|
25
|
L
|
Hit
|
Simpel
|
6
|
19
|
P
|
Vape
|
Lebih mudah di temukan
|
7
|
22
|
P
|
Hit
|
Suka baunya dan harga terjangkau
|
8
|
23
|
P
|
Baygon
|
Murah
|
9
|
19
|
L
|
Vape
|
Lebih mematikan
|
10
|
28
|
P
|
Hit
|
Simpel
|
11
|
20
|
P
|
Baygon
|
Murah dan wangi
|
12
|
20
|
L
|
Baygon
|
Lebih murah
|
13
|
21
|
P
|
Baygon
|
Murah
|
14
|
21
|
L
|
Baygon
|
Murah dan mudah diperoleh
|
15
|
17
|
L
|
Baygon
|
Karena bukan kaleng-kaleng
|
16
|
20
|
P
|
Vape
|
Lebih ekfektif dan kualitas lebih baik
|
17
|
21
|
L
|
Autan
|
Harga terjangkau, merakyat
|
18
|
18
|
L
|
Hit
|
Murah dan Harum
|
19
|
20
|
L
|
Baygon
|
Mudah ditemukan, harga murah dan aromanya tidak menyengat
|
20
|
18
|
L
|
Autan
|
Lebih praktis, tidak berasap
|
21
|
18
|
L
|
Hit
|
Lebih mudah
|
22
|
20
|
L
|
Vape
|
Murah
|
23
|
20
|
L
|
Baygon
|
Nyaman
|
24
|
24
|
L
|
Rak telur
|
Lebih banyak asap
|
25
|
20
|
L
|
Hit
|
Tidak menimbulkan gatal
|
26
|
19
|
L
|
Vape
|
Bau tidak menyengat dan murah
|
27
|
21
|
P
|
Hit
|
Lebih wangi
|
28
|
21
|
L
|
Baygon
|
Lebih irit dan mudah di dapat
|
29
|
23
|
L
|
Hit
|
Hemat dan tahan lama
|
30
|
20
|
L
|
Baygon
|
Murah
|
31
|
20
|
L
|
Autan
|
Tidak suka asap
|
32
|
21
|
L
|
Baygon
|
Sangat ampuh
|
33
|
18
|
L
|
Baygon
|
Sedari kecil
|
34
|
20
|
L
|
NoMos
|
Asap lebih banyak
|
35
|
21
|
L
|
Hit
|
Nyatanya nyegerin
|
36
|
22
|
L
|
Hit
|
Cepat mengusir nyamuk
|
37
|
20
|
L
|
Baygon
|
Bagus
|
38
|
19
|
P
|
Hit
|
Lebih ampuh
|
39
|
22
|
P
|
Baygon
|
Nyamuk cepat mati
|
40
|
21
|
P
|
Hit
|
Wanginya lebih enak
|
41
|
20
|
P
|
NoMos
|
Mematikan
|
42
|
20
|
L
|
Baygon
|
Lebih mematikan
|
43
|
21
|
P
|
Baygon
|
Sedari kecil
|
44
|
21
|
P
|
Baygon
|
Sedari kecil
|
45
|
21
|
P
|
Baygon
|
Ampuh
|
46
|
21
|
L
|
Baygon
|
Murah
|
47
|
20
|
L
|
Hit
|
Efisien
|
48
|
23
|
L
|
Vape
|
Semprot langsung
|
49
|
22
|
P
|
Hit
|
Wangi
|
50
|
22
|
L
|
Hit
|
Hemat
|
B. Interpretasi Hasil
Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan sebagai
berikut:
·
Subjek
yang memilih Baygon dengan usia rata-rata 21 sebanyak 14 orang pada laki-laki dan sebanyak 7 orang dengan alasan Murah dan mudah didapat.
·
Subjek yang memilih Hit dengan rata-rata usia 21 tahun sebanyak 11 pada
laki-laki dan 6 orang pada perempuang dengan alasan simple dan wangi.
·
Subjek yang memilih Vape dengan rata-rata usia 19 sebanyak 4 orang pada
laki-laki dan 2 orang pada perempuan dengan alasan bau tidak menyengat dan
murah
·
Subjek yang memilih NoMos dengan rata-rata usia 20 sebanyak 1 orang
laki-laki dan 1 orang perempuan dengan alasan lebih banyak asap.
·
Subjek yang memilih lainnya (Autan) dengan rata-rata usia 20 sebanyak 4
orang laki-laki dengan alasan harga terjangkau dan tahan lama
0 komentar