REVIEW JURNAL

by - 10:02 PM


1.    Topik                                           :    Jurnal HRD
2.    Kerangka                         
a.  Judul                                       :   
       Analisis Penerapan Human Resource Training and Development Dan efektivitasnya Pada PT. Jaya Mas Mandiri Plus Surabaya.
       b.  Jurnal volume dan halaman    :
                   AGORA Vol. 1, No. 3, (2013)
       c.  Penulis                                    :
                   Steffenny dan Maria Praptiningsih
       d.  Tanggal                                   :
                   2013
       e.  Tujuan penelitian                    :
       Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan human resource training and development dan efektivitasnya pada PT.Jaya Mas Mandiri Plus.
       f. Definisi operasional variable penelitian           :
       Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling penting dalam kemajuan sebuah organisasi. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan training and development yang efektif.
       g.  Subjek penelitian                    :
                   PT. Jaya Mas Mandiri Plus Surabaya.
       h.  Metode penelitian                  :
                   Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara.
       i.   Teknik pengumpulan data      :
       Teknik analisis yang digunakan dalam penelitan adalah dekriptif kualitatif dengan metode pengujian data dengan cara triangulasi sumber.

       j.   Hasil penelitian                       :
                   Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan training and development
            pada perusahaan PT.Jaya Mas Mandiri Plus sudah efektif, karena training yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh perusahaan yang mendapatkan respon positif dari karyawan, karyawan juga lebih termotivasi, dan juga kinerja meningkat. Perusahaan melakukan training and development setiap tahun, tahap-tahap dalam training juga telah dilakukan. Oleh karena itu rancangan alternatif untuk membantu perusahaan agar dapat lebih meningkatkan penerapan training and development yang ada di perusahaan dapat berupa yang tahap training and development, implementasi training and development, dan evaluasi training and development.
       k.  Kekuatan penelitian               :
       Evaluasi training and development pada perusahaan ini juga telah berjalan dengan baik. Setiap ada training dilakukan, perusahaan juga melakukan evaluasi pada training yang telah dilaksanakan. Proses evaluasi perusahaan ini meliputi melihat reaksi, perilaku, dan hasil. Training and development yang sudah ada efektif dan efisien.
       l.   Kelemahan penelitian             :
       cara mengevaluasi perusahaan ini kurang maksimal, karena perusahaan tidak melakukan penilaian evaluasi dari karyawan, seperti memberikan kuesioner kepada karyawan setelah melakukan training. Perlu rancangan alternatif program training and development seperti tahap traning and development meliputi analisis kebutuhan, rancangan instruksi, validasi, menerapkan program, dan evaluasi. Metode-metode yang dapat digunakan dapat berupa on the job training seperti demonstrasi, praktek langsung, maupun selft training, metode off the job training seperti ceramah/lecture, role play dan vestibule training.

You May Also Like

0 komentar