REVIEW JURNAL

by - 12:23 AM




1.           Judul       :
     a.  PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI DONGENG  DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA AGAM
b.  PENINGKATAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK SUARA DENGAN KARTU GAMBAR BINATANG DI PAUD PALAPA I KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

2.    Penulis, volume dan halaman :
     a.            Monalisa. Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1 No. 1.
     b.            Rusefrinaria. Jurnal Pesona PAUD Vol. I No. 1 1

3.           Abstrak   :
     a. Perkembangan bahasa anak di Taman  Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Basung Masih  rendah.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan keterampilan  menyimak anak melalui dongeng.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas  dengan  subyek  penelitian adalah  anak-anak  kelompok  BI  Taman kanak-kanak  Negeri  Pembina  .Teknik  yang  digunakan dalam  pengumpulan  data adalah  observasi  dan  format  penilaian.  .Penelitian  tindakan  kelas  ini dilakukan dalam  dua  siklus.Hasil  penelitian  pada  tiap-tiap  siklusnya  menunjukan  adanya peningkatan  perkembangan  bahasa  anak.  Hasil  penelitian  ini  dapat  disimpulkan bahwa dongeng dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di  Taman kanakkanak Negeri Pembina Lubuk Basung.
     Kata  kunci : bahasa; pendidikan anak usia dini; dogeng

     b.  Perkembangan Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Di PAUD Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman masih rendah. Tujuan penelitian  ini untuk  meningkatkan perkembangan  kosa  kata  bahasa  Inggris anak  melalui  permainan  tebak  suara  dengan kartu  gambar  binatang.Jenis penelitian adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  subjek  penelitian  PAUD Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman pada kelompok B1  yang  berjumlah  14  orang  anak.  Teknik  yang  digunakan  adalah pengumpulan data berupa observasi danformat hasil penilaian diolah dengan teknik  persentase.  Ternyata perkembangan  kosa  kata  bahasa  Inggris  anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa  permainan  tebak  suara  dengan  kartu  gambar  binatang  dapat meningkatkan perkembangan kosa kata bahasa Inggris anak.
     Kata kunci ;kosa kata, kartu gambar binatang

4.    Pendahuluan :
     a.  Pendidikan  merupakan  kegiatan  yang  universal  dalam  kehidupan  manusia,  karena  semua  orang  membutuhkan  pendidikan  dan  mengalami  pendidikan.  Taman Kanak-kanak  adalah  salah  satu  bentuk  pendidikan  jalur  formal  yang  menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 sampai 6 tahun ,  sebelum memasuki sekolah dasar Melalui  pendidikan  Taman  kanak-kanak  diharapkan  anak  dapat  mengembangkan  pendidikannya  (intelektual,  social  emosi  dan  fisik),  memiliki  dasardasar agama, memiliki kebiasaan prilaku yang diharapkan, menguasai pengetahuan dan keterampilan  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  tingkat  perkembangan  serta  memiliki motivasi dan sikap belajar yang positif. Menurut  Piaget  dalam  Nugraha  (2005:  53)  menyatakan  bahwa  anak  usia  dini adalah  seorang  penjelajah  aktif  dan  selalu  ingin  tahu,  selalu  menjawab  tantangan  lingkungan sesuai dengan interprestasi (penafsiran) tentang cirri-ciri yang esensial yang ditampilkan oleh lingkungannya.
     b. Sistim  Pendidikan  Taman  Kanak-kanak  (TK)  merupakan  salah  satu  jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan nasional menjelaskan bahwa Taman Kanak-kanak (TK)  termasuk  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  yang  memberikan  pembinaan  bagi  anak  dari sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan rohani agar  anak memiliki kesiapan lebih lanjut  memasuki  pendidikan  selanjutnya  (Depdiknas  2003). Usia dini merupakan masa keemasan (goldenage), oleh karena itu pendidikan  pada  masa  ini merupakan  pendidikan yang  sangat  fundamental  dan  sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya. Isu globalisasi saat ini menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan  mampu   berkomunikasi  dalam  berbagai  bahasa asing terutama bahasa Inggris sebagai bahasa  internasional.  Keahlian  berbahasa asing  ini diperlukan untuk menguasai ilmu pengetahuan, memiliki pergaulan luas dan karir yang baik .Hal ini membuat semua orang dari berbagai  kalangan termotivas iuntuk mengusai bahasa Inggris.

5.    Metode Penelitian :
     a.  Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. menyatakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis, refleksi terhadap berbagai aksi atau tindakan yang dilakukan oleh guru /pelaku mulai dari perencanaan sampai dengan penelitian terhadap tindakan nyata didalam kelas yang berupa kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan.
     b. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jadi penelitian ini dipilih karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari awal sampai akhir penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah kelompok B1 di PAUD Palapa Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah murid 14 orang dari 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang berumur antara 5-6 tahun. Prosedur penelitian pada kondisi awal sebelum penelitian dilakukan, perkembangan bahasa anak terutama bahasa Inggris anak di kelompok B1 PAUD Palapa Kecamatan Batang Anai  Kabupaten Padang Pariaman kurang berkembang.Banyak anak yang berdiri dan diam saja serta merasa bosan ketika guru memberikan permainan tebak suara dengan kartu gambar binatang.

6.    Hasil Penelitian :
     a. Peningkatan perkembangan bahasa anak ini dinilai dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut ini :
No
Aspek yang dinilai
Kondisi
Awal
Siklus I
Siklus II
Ket
1
Anak dapat menjawab
pertanyaan tentang dongeng
dengan baik
14
29
33
Meningkat
2
Anak dapat menceritakan
kembali isi cerita/dongeng
10
19
29
Meningkat
3
Anak dapat melanjutkan
cerita/dongeng yang telah
didengarnya
5
24
24
Meningkat

Rata-rata
10
18
29
Meningkat

Grafik 1 Persentase Perkembangan Bahasa Anak Melalui Dongeng pada Proses Pembelajaran (Kategori Sangat Tinggi)
               Berdasarkan tabel dan grafik di atas dapat dilihat bahwa rata-rata        persentase perkembangan bahasa anak pada proses pembelajaran dengan     nilai     sangat tinggi telah meningkat yaitu pada kondisi awal 10%, siklus I   18%, dan siklus II 29%.
Tabel 2 Persentase Perkembangan Bahasa Anak Melalui Dongeng pada Proses Pembelajaran (Kategori Tinggi)
No
Aspek yang dinilai
Kondisi
Awal
Siklus I
Siklus II
Ket
1
Anak dapat menjawab
pertanyaan tentang dongeng
dengan baik
19
43
57
Meningkat
2
Anak dapat menceritakan
kembali isi cerita/dongeng
5
29
62
Meningkat
3
Anak dapat melanjutkan
cerita/dongeng yang telah
didengarnya
5
29
67
Meningkat

Rata-rata
10
33
62
Meningkat
Grafik 2 Persentase Perkembangan Bahasa Anak Melalui Dongeng pada Proses Pembelajaran (Kategori Tinggi)
               Berdasarkan tabel dan grafik di atas dapat dilihat bahwa rata-rata        persentase perkembangan bahasa anak pada proses pembelajaran dengan     nilai tinggi telah mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal 10%,      siklus I 33%, dan siklus II 62%. Dari hasil yang terlihat pada grafik dan        tabel diatas dapat disimpulkan bahwa persentase kategori nilai sangat      tinggi (29%) ditambah persentase nilai tinggi (62%), telah melebihi      Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan.

     b. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ini pada tahun ajaran 2011/2012, dengan jumlah anak 14 orang yang terdiri dari 5 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Pada kondisi awal sebelum penelitian di lakukan, yaitu tanggal 19 Maret 2012 yang di teliti adalah anak yang berusia 5-6 tahun. Kemampuan berbahasa anak masih rendah,khususnya dalam kosa kata bahasa Inggris. Sebahagian besar anak di dalam kelas kurang tertarik dengaan kegiatan peningkatan kosa kata bahasa Inggris, ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu diantaranya strategi pembelajaran yang kurang menantang dan tidak menarik bagi anak, metode yang diberikan guru kurang bervariasi, situasi dan kondisi belajar tidak menyenangkan bagi anak sehingga aktivitas anak tidak termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dalam hal pengucapkan kosa kata bahasa Inggris.

7. Topik     :
     a. Berdasarkan data penelitian yang telah dicapai pada siklus I ada beberapa hal yang harus di perbaiki yaitu mengenai pembelajaran dan cara guru dalam memotivasi anak agar dapat fokus dalam menyimak dan berani dalam menyampaikan hasil yang disimaknya. Melalui media yang bervariasi menarik dan disukai oleh anak, kegiatan mendongeng dapat meningkatkan perkembangan bahasanya, Situasi/suasana yang menyenangkan, bebas dan tidak terikat (ruang terbuka) akan lebih membantu anak dalam menyimak dogeng dan menceritakan/melanjutkan dongeng perkembangan bahasa, anak usia 4-6 tahun memiliki karakteristik perkembangan, antara lain yaitu : senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut, dapat mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa dan bagaimana.
     b.  Hasil penelitian peningkatan kosa kata bahasa Inggris anak melalui permainan tebak suara dengan kartu gambar binatang di Pendidikan Anak Usia Dini Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Adapun pembahasan ini untuk memperjelas dan memperdalam kajian dalam penelitian ini. Pada aspek yang pertama anak dapat menyebutkan nama binatang dengan bahasa Inggris melalui permainan tebak suaradapat dilihat pada persentase analisa data pada siklus I pertemuan ketiga persentasenya rendah, dan menjadi meningkat setelah dilaksanakan pada pertemuan ketiga siklus II.

8. Daftar Pustaka :
            b. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/viewFile/1698/1467

You May Also Like

0 komentar