PENGETAHUAN KONSUMEN
PENGETAHUAN KONSUMEN YANG
MENCAKUP
PENGETAHUAN PRODUK,
PENGETAHUAN PEMBELIAN, & PENGETAHUAN PEMAKAIAN
PENGETAHUAN PRODUK
Pengetahuan produk mencakupi :
1.
Kesadaran
akan kategori dan merek produk di dalam kategori produk.
2.
Terminologi
produk.
3.
Atribut
atau ciri produk.
4.
Kepercayaan
tentang kategori produk secara umum dan mengenai merek spesifik.
Secara umum, pemasar paling berminat atas pengetahuan konsumen
mengenai merek mereka dan sajian yang kompetitif. Informasi ini diperoleh
melalui analisis kesadaran konsumen dan citra dari merk yang tersedia.
1.
Analisis
Kesadaran.
2.
Analisis
Citra.
3.
Kesalahan
Persepsi terhadap Produk.
4.
Penegtahuan
Harga
PENGETAHUAN PEMBELIAN
Pengetahuan pembelian (purchase
knowledge) mencakupi bemacam potongan informasi yang dimiliki konsumen yang
berhubungan erat dengan pemerolehan produk. Dimensi dasar dari pengetahuan
pembelian melibatkan informasi berkenaan dengan keputusan tentang di mana
produk tersebut harus dibeli dan kapan pembelian harus terjadi.
1.
Di mana
Membeli.
2.
Kapan
Membeli.
PENGETAHUAN PEMAKAIAN
Pengetahuan pemakaian (usage knowledge) menggambarkan kategori ketiga dari pengatahuan konsumen. Pengetahuan seperti ini mencakupi inormasi yang tersedia di dalam ingatan bagaimana suatu produk dapat digunakan dan apa yang diperlukan agar benar-benar menggunakan produk tersebut. Kecukupan pengetahuan pemakaian konsumen penting karena beberapa alasan pertama, konsumen tentu saja lebih kecil kemungkinannya membeli suatu produk bila mereka tidak memiliki informasi yang cukup mengenai bagaimana menggunakan produk tersebut. Upaya pemasaran yang dirancang untuk mendidik konsumen tentang bagaimana menggunakan produk pun dibutuhkan. Iklan yang muncul adalah salah satu contoh dari peningkatkan pengetahuan pemakai dengan member konsumen informasi langkah demi langkah mengenai bagaimana produk tersebut dapat digunakan.
Penghalang serupa bagi pembelian terjadi bila konsumen memiliki informasi yang tidak lengkap mengenai cara-cara yang berbeda atau situasi di mana suatu produk dapat digunakan. Penemuan kemampuan aspirin untuk mengurangi resiko serangan jantung mendorng bayer untuk menginformasikan konsumen mengenai pemakaian baru. Jangan samapai prouduk yang digunakan secara salah mungkin tidak bekerja dengan benar sehingga menyebabkan pelanggan merasa tidak puas. Yang lebih buruk lagi, kesalahan dalam pemakaian dapata menyebabkan cedera tubuh, seperti kecelakaan kerap terjadi sehubungan dengan gergaji listrik yang dipegang dengan tangan. Upaya seperti ini sangat lazim, karena pemasar kerap mengidentifikasi dan mempromosikan pemakai produk baru untuk meningkatkan permintaan , khususnya dalam hal produk yang sudah matang.
0 komentar