Self Development Report

by - 8:50 PM

Self  Development Report

Saya di lahirkan di pulau sumatra yang bertempat di wilayah sumatra barat ,di kota kecil yang bernama tanjab barat  jambi, indonesia.
A. Usia  saya ( Neonatal : 0-2 minggu )
             ( 1 ). Perkembangan fisik saya
·         Pada masa ini saya mengalami penurunan berat badan akibat kesulitan bayi baru lahir untuk menyesuaikan diri secara cepat dengan lingkungan baru     ( luar rahim ) penyesuaian diri ini mencakup perubahan suhu, menghisap dan menelan, bernafas, dan pembuangan kotoran.
·         Sering kali terdapat rambut rambut halus di kepala dan punggung, tetapi yang di punggung seiring waktu menghilang.
·         Proporsi kepala dengan panjang tubuh kira- kira 1:4 ( di bandingkan dengan orang dewasa kira-kira 1:7 ). 
                ( 2 ). Perkembangan motorik saya
Pada masa ini gerakan saya ketika baru lahir bersifat acak dan dan tidak berhubungan dengan kejadian-kejadian di lingkungan secra umum, gerakan tersebut di bagi menjadi 2 kategori yaitu :
·         Gerakan menyeluruh, terjadi di seluruh tubuh bila salah satu bagian tubuh di stimulasi, walaupun gerakan yang paling menonjol terjadi pada bagian yang di beri stimulasi.
·         Gerakan khusus, meliputi bagian- bagian tertentu, gerakan ini di sebut gerak refleks. Yang merupakan tanggapan terhadap rangsagan indria khusus dan tidak berubah dengan pengulangan rangsang yang sama.
                            ( 3 ). Perkembangan bahasa saya
·         Menangis, selama masa neonatal dan bulan-bulan pertama masa bayi, tangis merupakan bentuk suara yang menonjol. Menangis pada waktu lahir merupakan gerak refleks yang terjadi ketika udara masuk ke dalam tali suara yang menyebabkan tali suara bergetar, yang memompa paru-paru sehingga memungkinkan pernapasan dan memberikan oksigen yang cukup untuk darah.
Pada masa ini saya mulai mempunyai perilaku pertama yang mempunyai nilai sosial, yang menandakan ketergantungan total pada satu makhluk yaitu ibu hamil pada kemungkinan berkomunikasi pada sekelompok manusia di dalam lingkungan.                                     
·          Suara eksplosit, pada masa ini saya mengeluarkan suara eksplosit,seperti nafas yang berat, suara itu merupakan ucapan tanpa arti atau tujuan dan terjadi secara kebetulan kalau otot-otot suara mengerut. Lambat laun bunyi tersebut menjadi ocehan yang selanjutnya menjadi bicara.
( 4 ). Perkembangn kesadaran dan emosi,pada masa ini saya tidak  menyadari       sepenuhnya tentang apa yang terjadi di sekitar saya, reaksi emosional saya pun belum berkembang secara khusus.
B. Usia saya ( usia 2 minggu – 2 tahun )
Pada masa ini saya mengalami perubahan dan pertumbuhan, terutama yang terpesat adalah tahun pertama.
                        ( 1 ). Perkembangan fisik
·         Pada masa ini saya selama enam bulan pertama,  pertumbuhan terus terjadi dengan pesat, kemudian mulai menurun, dan dalam tahun kedua  tingkat pertumbuhan cepat menurun.
·         Selama tahun pertama, peningkatan berat tubuh lebih besar dari pada peningkatan tinggi, sedangkan pada tahun kedua terjadi sebaliknya.
·         Proporsi tubuh, pertumbuhan kepala berkurang sedangkan pertumbuhan badan dan tungkai meningkat, sehingga pada masa ini berat badan saya berangsur-angsur menjadi kurang berat di atas,  dan pada masa akhir bayi  tampak lebih ramping dan tidak gempal.
·         Selama tahun kedua, ketika proporsi tubuh berubah, pada masa ini saya mulai memperlihatkan kecendrungan bangun tubuh yang khas, seperti ektomorfik, mesomorfik, atau endomorfik.
            ( 2 ).  Perkembangan motorik
·         pada masa ini gerak refleks tersenyum saya muncul pada minggu pertama, sedangkan senyum sosial ( reaksi terhadap senyum orang lain ) mulai muncul antara bulan ketiga dan keempat.
·         Dalam posisi tengkurep, pada masa ini saya dapat menahan kepala secara tegak  dalam usia 3 buulan,paa posisi telentang pada usia 7 bulan, dan padaa posisi duduk pada usia 6 atau 8 bulan.
·         Pada usia 4 bulan, saya dapat berguling dari samping ke belakang, pada 6 bulan  dari tengkurep ke samping, dan pada usia 8 bulan dapat berguling sepenuhnya.
·         Pada usia 6 bulan, saya dapat di tarik keposisi duduk, usia 7 bulan dapat duduk dengan di bantu, 9 bulan dapat duduk tanpa di bantu sebentar, dan duduk tanpa bantuan selama sepuluh menit atau lebih pada usia 11 bulan.
·         Gerakan ibu jari menjauhi jari-jari lain dalam usaha menggenggam pada usia 5 atau 6 bulan, dan dalam mengambil benda antara 10- 12 bulan.
·         Pada akhir minggu kedua saya dapat memindahkan tubuh dengan cara menendang, pada usia 8 bulan, dapat bergerak dalam posisi duduk, saya bisa merangkak pada usia sekitar 8 – 12 bulan, menarik diri sendiri pada posisi berdiri pada usia 12 bulan,  berdiri dengan bantuan pada 13 bulan, berdiri tanpa bantuan pad usia 14 bulan, dan berjalan tanpa bantuan pada usia 15 atau 16 bulan.


( 3 ). Perkembangan bahasa
pada masa ini saya dapat berkomunikasi berbagai bentuk bahasa , tertulis, lisan, isyarat tangan, ungkapan musik, dan sebagainya. Dalam kounikasi,
·         Ada kesenjangan fungsi reseptif, dan ekspesif, kemampuan mengerti apa yang di sampaikan orang lain sudah mulai berkembang pada pertengahan tahun kedua masa bayi, sedangkan mengutarakan fikiran  atau perasaan baru berkembang kemudian.
·         Ekspresi muka, nada bicara, dan isyarat- isyaarat tangan membantu  bayi untuk mengerti apa yang di katakan padanya, pada usia 5 bulan,  bayi sudah mengerti ungkapan rasa marah, takut, dan senang.
·         Pada usia 8 bulan saya dapat mengucapkan kalimat” ma-ma” , da-da, na-na, ta-ta, .
·         Pada uia 14 – 20 bulan, saya sudah mengerti kata kata, misalnya : ibu, bapak, makanan, mainan,bagian badan, nama binatang.
·         Pada usia 20 bulan, saya mampu mengucap dua kata, tetapi masih terpotong , misalnya, mama pergi, mama...gi,
( 4 ).    Perkembangan sosial
·         Sekitar usia 8 bulan, pada masa ini senyum sosial saya mulai muncul .
·         Pada usia 11 – 15 bulan, saya mulai meniru  perilaku ibu  bapak saya.
·         Pada usia 18 – 20 bulan saya mulai menunjukan negativisme,  berupa keras kepala  tidak mau mengikuti perintah.
·         Pada usia 20 – 26 bulan, mulai bemain menggunakan bahan bahan  yang di dekat saya.
·         Usia 24 – 26 bulan, saya mulai mengikuti ibu saya , seperti  cara mandi, makan, berpakaian.


( 5 ).  Perkembangn emosi
·         saya menangis dengan penuh semangat  di sertai ekspresi seluruh tubuh.
·         Sering tertawa tersenyum,menangis.
·         Pada masa bayi saya merasa takut terhadap sesuatu yang asing atau tidak menyenangkan.
·         Kecemasan juga muncul pada masa ini,
·         Pada usia 1 – 2 tahun, saya mulai menunjukan kemarahan dan agresif.

You May Also Like

0 komentar