LAPORAN OBSERVASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-2 TAHUN

by - 8:26 PM


                               I.            INDETITAS ANAK
Nama Anak                 :
Usia                             :
Berat Badan               
Tinggi Badan              :
Nama Ibu                   
Nama Ayah                 :


                            II.            PERKEMBANGAN (Moral Dan Nilai Agama) 
Anak sudah dapat meniru perilaku keagamaan secara sederhana seperti menirukan sebagian gerakan ibadah, menirukan sebutan nama Tuhan, serta bisa menirukan bacaan doa. Selain itu juga, anak sudah dapat mengekspresikan rasa sayang dan cinta kasih melalui belaian, rangkulan, maupun ciuman.

                         III.            INDIKATOR SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
1.      Anak sudah dapat berinteraksi dengan orang lain yang dekat dengan anak seperti mampu mengenal wajah orang, berminat bermain bersama anak lain, serta tertawa sebagai respon suatu hal yang lucu.
2.      Anak sudah dapat mengungkapkan suatu kebutuhan dengan cara mengatakan langsung, tidak dengan rengekan, ataupun menangis. Anak ini jarang sekali menangis. Hanya saat ia terjatuh ia akan menangis, itu pun hanya sebentar. Seperti ketika ia ingin buang air, ia langsung mengatakan pada ibunya kalau ingin pup walaupun belum lancar.
3.      Anak sudah dapat mengenal barang-barang miliknya sendiri  dengan mengatakan bahwa ‘itu mainku’, ‘itu mobilku’
4.      Anak ini menunjukkan kemandiriannya misalnya menggunakan toilet namun masih berlatih, walau pun masih bingung serta mulai mencoba makan sendiri tapi masih berantakan, setelah makan, biasanya langsung disambung dengan minum susu dan tambahan minyak ikan agar nafsu  makan.
5.      Juga sudah bisa  mengekspresikan emosinya secara wajar, misalnya dengan   menangis ketika kaget , namun hanya sebentar.

                         IV.            PERKEMBANGAN BAHASA
1.      Anak sudah dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana seperti melaksanakan beberapa perintah sederhana serta bereaksi terhadap larangan.
2.      Sudah ada ketertarikan terhadap buku (misalnya membuka dan membolak-balik buku) dengan meminta orang lain untuk membacakannya

                            V.             PERKEMBANGAN KOGNITIF
1.      Pada indikator ini, anak belum bisa menggunakan, menyebutkan dan menunjukkan benda-benda di sekitarnya, namun bisa menyebutkan anggota tubuh serta posisinya.  Juga bisa mengamati apa yang terjadi bila benda dijatuhkan.
2.      Anak ini juga sering bertanya barang yang ia punya, serta menolak sesuatu yang tidak ia inginkan. Namun ia belum bisa menanggapi suatu bacaan yang belum dikenalnya.

                         VI.            PERKEMBANGAN FISIK/MOTORIK
Anak sudah bisa menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot tangan, otot punggung, dan otot kaki, dengan indikator seperti mengangkat benda, melempar bola dan menangkapnya, serta bisa mencoret-coret tanpa beraturan. Selain bisa membungkukan badan dan lari-larian ke berbagai arah.

                      VII.            PERKEMBANGAN SENI
Anak ini sudah bisa menirukan suara-suara yang ia dengarr di sekitarnya. Selain suara, ia juga bisa menggerakkan kepala atau kaki ssecara bebas ketika didengarkan suara musik.

                   VIII.            KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan checklist indikator perkembangan anak usia 1-2 Tahun, anak ini sudah memenuhi  kriteria. Hanya saja belum sempurna.

You May Also Like

0 komentar