Psikologi Analitis

by - 7:56 PM

Dinamika psychea atau kepribadian
 
Jung berpendapat, bahwa struktur psyche itu tidak statis, melainkan dinamis, dalam gerak yang terus-menerus.dinamika ini disebsbkan oleh energi psikis yang oleh jung disebut libido.
Libido itu tidak lain dari intensitas kejadian psikis, yang hanya dapat diketahui lewat peristiwa-peristiwa psikis itu. 

 Hukum-Hukum atau Prinsip-Prinsip Psyche

1. Hukum Pasangan Berlawanan 

Psyche atau kepribadian adalah suatu sistem energi yang tertutup untuk seluruhnya, sifat tertutupnya tidak sempurna. Dikatakan sifat tertutupnya tidak sempurna karena energi dari sumber-sumber di luarnya dapat masuk atau ditambahkan pada sistem ini, misalnya dengan makan, dan energi di dalam dapat berkurang, misalnya orang yang melakukan kerja yang menggunakan tenaga jasmani.

2. Prinsip Ekuivalens

Adapun prinsip-prinsip yang mengatur energi psiki itu juga “anolog” dengan prinsip-prinsip yang mengatur energi-energi dalam ilmu alam.
Prinsip ekuivalens menyatakan bahwa apabila sesuatu nilai menurun atau hilang, maka jumlah energi yang didukung oleh nilai itu tidak hilang dari psyche melainkan akan muncul kembali dalam nilai baru.
 
3. Prinsip Entropi: Psychological Homeostatis

Hukum ini mengatakan bahwa apabila dua benda yang berlainan panasnya bersentuhan, maka panas akan mengalir dari yang lebih panas kepada yang lebih dingin.
Prinsip entropi inilah yang menimbulkan hubungan kompensatoris antara pasangan-pasangan yang berlawanan seperti telah disebut di muka.

Arah dan Intensitas Energi
 
1. Arah Energi: Progesi dan Regresi, Ekstraversi Dan Intraversi.
Gerak energi mempunyai arar, dan arah geraknya itu dapat dibedakan antara gerak progesif dan gerak regresi.
Gerak progesif adalah gerak kesadaran dan bentuk proses penyesuaian yang terus-menerus terhadap tuntunan-tuntunan kehidupan sadar.
Gerak regresif terjadi apabila dengan gagalnya penyesuaian secara sadar dan karenanya terbangunkan ketidaksadaran – misalnya lewat kompleks-kompleks erdesak – terjadilah penumpukan energi yang berat sebelah dan berakibat bahwa isi-isi ketidaksadaran terjadi terlalu penuh energi dan kekuatannya bertambah besar.
 
2. Intensitas energi: Gambaran
Kecuali arahnya,sifat pokok proses energi yang lain adalah nilai intensitasnya.
Gambara itu adalah hasil fantasi mencipta yang enonjolkan bahan-bahan dari ketidaksadaran menjadi gambaran seperti yang terdapat pada mimpi.

 Interaksi antara Aspek-aspek psyche atau kepribadian
 
Keempat fungsi jiwa yang pokok dan dua sikap jiwa serta berbagi-bagi sistem yang membentuk keseluruhan kepribadian berinteraksi satu sama lain dalam tiga macam cara, yaitu :
1.Suatu aspek atau sistem mengkompensasikan kelemahannya terhadap yang lain
2.Sesuatu aspek atau sistem menentang aspek atau sistem yang lain
3.Satu atau dua sistem mungkin bersatu untuk membentuk sintesis


You May Also Like

0 komentar